Home / Berita Umum / Kemendag Tahan Operasi Pasar Karena Naiknya Harga Beras Masih Wajar

Kemendag Tahan Operasi Pasar Karena Naiknya Harga Beras Masih Wajar

Sebagaimana yang diketahui, bahwa saat ini bahan bahak minya (BBM) dan gas Elpiji memang turun, namun bahan pokok justru mengalami kenaikan. Salah satunya adalah beras, yang kini sedang mengalami kenaikan dan banyak masyarakat yang mengeluhkan soal kenaikan harga beras ini. Namun, kenaikan harga beras ini masih dianggap wajar oleh Kemendag.

Kementerian Perdagangan sejauh ini masih melihat-lihat kemajuan soal harga beras sebelum ia memberi instruksi pada Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakoni operasi pasar beras.

Seperti itulah yang telah dinyatakan oleh Srie Agustina selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, merespon soal rilis Badan Pusat Statistik, hari Senin (4/1/2016) lalu. Sebelum ini, dalam penjelasan pihak BPS menyebutkan, bahwa telah terjadi kenaikan harga beras kualitas medium sejak bulan Desember 2015 lalu, sebesar 1,93 persen di kancah penggilingan.

“Saat ini rata-rata kenaikannya masih satu koma, belum mencapai angka dua persen. Jadi, jika di bawah dua persen kita nilai masih cukup stabil,” ujar Srie saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, hari Rabu (6/1/2016) kemarin. Srie merasa, bahwa indikator untuk memilih dilakukannya operasi pasar yakni kalau terjadi pelonjakan jumlah rata-rata harga beras kualitas medium hingga menyentuh angka 10 persen.

About admin

Bandar Bola